Listrik Pintar yang Pintar menguras anggaran Rumah Tangga

Leave a comment

15/02/2015 by keluarga Oktafianus

Listrik Pintar yang Pintar menguras anggaran Rumah Tangga

Belum ada seminggu isi refill token listrik, hari ini dikejutkan dengan bunyi nit nit nit yg menandakan listriknya bakal padam dalam itungan sisa KWh yg pastinya dibawah goceng!

Mau ngamuk rasanya setiap me-refill token listrik harus mengurut dada dan menerima kenyataan KWh yg didapat dari nominal rupiah yg kita bayarkan, seperti 100.000 hanya dapat 69.800 KWh dan 50.000,- dapat hanya 30.000 KWh sajah saudara!

Sebulan dengan intensitas penggunaan listrik yg sudah sangat super hemat untuk ukuran keluarga dengan komposisi 2 dewasa, 2 anak dan 1 bayi.
Aircon hanya menyala disaat mau tidur, setiap jam 8 disetiap harinya dan dimatikan disetiap jam 4 untuk 2 aircon disetiap harinya. Menggunakan tanki air, sehingga mesin air tidak menyala setiap harinya, tanpa shower tanpa flusher dan tanpa water heater. Tidak ada aktivitas menyetrika karena setiap cucian yg kelar dicuci, dikeringkan dengan cara air dry dimesin cuci, dijemur dan diangkut ke laundry kiloan dan rutin dilakukan setiap minggu. Pun telah menggunakan lampu penerangan philips yg jelas dengan watt kecil disetiap ruangan dan mematikan lampu kamar mandi bila selesai dipergunakan. Lemari pendingin pun standar, tanpa microwave, mengurangi penggunaan toaster dan tanpa hair dryer. Diruang keluarga hanya menggunakan fan, disaat aktivitas liburan pun kamar hanya menggunakan fan bila tidak dalam kegiatan tidur. Masih kurang berhemat kah????
Kenapa running KWhnya tidak sepintar jargon nya.
Membandingkan dengan rumah orang tua yg pemakaian listriknya lebih wow dengan dua aircon pula dan hanya ada 3 orang dewasa, jauh lebih kecil biayanya, walau harus tetap membayar abodemen, tetap lebih murah pemakaian sebulannya bila dikumulatif dan dibandingkan dengan rumah kami yg menggunakan listrik dengan token. Sementara dirumah org tua TV selalu menyala, disini TV hanya nyala sesekali saja.

Tidak habis pikir dengan mekanisme juga cara berpikirnya PLN dengan digalakkannya program Listrik Pintar ini.

Praktis alokasi anggaran rumah tangga bertambah untuk urusan listrik yg sudah mengalami kenaikan disetiap periodenya, jelas Listrik Pintar ini teramat pintar menguras rupiah.

Hampir semua perumahan baru semua ber-listrik pintar, beruntunglah semua yg rumahnya masih listrik abodemen, karena percayalah, pasti lebih hemat.

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Jazakumullah Khoir

  • 71,279 hits
Irmalida

Stairway to Jannah

ShinnichiVegaKimirossi

My Life - My Hobby - My Ambition

Teddy Oktafianus

Menjemput Hidayah Menuju Hijrah Kaffah

KELUARGA OKTAFIANUS

Bersama Hijrah Menjemput Hidayah

%d bloggers like this: