Melancong ke Negara – Negara bebas Visa

Leave a comment

11/03/2015 by keluarga Oktafianus

rockinTripMelancong bersama keluarga ke negara-negara tetangga adalah macam candu, bila kita pernah menginjak ke salah satu Negara tetangga dan melihat buah hati kita sangat menikmatinya walaupun perjalanan memakan waktu dan melelahkan membuat satu semangat bagi kita untuk merancang perjalanan selalu lebih baik lagi di perjalanan berikutnya, mengapa harus melancong ke Negara Tetangga, sementara di Negara kita banyak kota dan pulau yang tidak kalah indahnya ?

BETUL SEKALI.
Indonesia tidak kalah menarik disbanding Negara-negara tetangga, tapi untuk mendapatkan “kenyamanan berwisata dengan keluarga” di Indonesia sangatlah MAHAL, berbeda dengan yang jalan hanya sendiri atau hanya berpasangan.

1. Tiket Penerbangan ke area di Indonesia jauh lebih mahal dibanding dengan tiket penerbangan ke Negara Tetangga, contoh ; Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dll
dan andai ada promo tiketnya pun tidak pernah se-fantastis ke Negara tetangga

2. Akomodasi, di Negara Tetangga akomodasi lebih banyak promo harga murah via booking online, dengan harga hostel bisa mendapat fasilitas Hotel di Indonesia, karena standar hostel di Negara tetangga, hampir semua lebih baik dari standar hotel melati di Indonesia.

Jadi sudah menjadi kecendrungan bila sudah pernah menginjak sekali ke Negara tetangga, dijamin akan kembali bahkan menambah rute Negara lainnya. Semua pasti ingin mengunjungi Negara-negara Tetangga yang tanpa harus menggunakan VISA.

Apa itu VISA ?

(*bukan VISA yang suka ada di logo Kartu Debit atau Kartu Kredit ya ….)
Adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu.
Visa adalah sebuah dokumen resmi yang Anda perlukan untuk masuk ke negara tujuan dalam periode waktu tertentu. Visa asli yang biasanya di stempel di paspor penerima sangat diperlukan jika Anda hendak berkunjung ke suatu negara tertentu.
Harap diperhatikan bahwa Visa kedatangan hanya dapat diperpanjang atas persetujuan Direktur Jenderal Imigrasi Republik Indonesia dalam hal bencana alam, sakit atau kecelakaan, tidak dapat dialihkan ke jenis visa lain. Pelancong yang melewati waktu yang telah ditentukan akan dikenakan denda sebesar US $ 20.- per hari / orang (untuk tinggal di bawah 60 hari) sedangkan lebih dari 60 hari tinggal akan menjalani 5 (lima) tahun hukuman penjara atau denda IDR 25.000.000 (mata uang lokal).
Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu.
Jika pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan suatu negara agar penduduk negaranya bebas berkunjung ke suatu negara lain, maka jika kita bepergian ke negara itu, kita tidak memerlukan izin masuk ke negara itu atau dengan kata lain ‘bebas visa’ untuk pemegang paspor Indonesia. Paspor akan diberi stempel di imigrasi saat kita sampai dan kita akan langsung diperbolehkan masuk.
Indonesia mempunyai hubungan diplomatik dengan banyak negara. Negara-negara yang memberikan bebas visa untuk pemegang paspor indonesia meliputi:
• Asia Tenggara : Singapore, Malaysia, Brunei Darusalam, Thailand, Laos, Vietnam, Cambodia, Myanmar dan Filipina
• Asia Timur : Hongkong dan Macau
• Asia Barat dan Selatan : Iran dan Maldives
• Amerika : Aruba, Bermuda, Chile, Columbia, Costarica, Cuba, Ecuador, Haiti, Jamaica
• Afrika : Morocco, Sheycelles, Mesir
• Eropa : Andorra
• Oceania : Cook Island, Samoa, Micronesia
Selain dari negara yang disebutkan diatas, pemegang paspor Indonesia harus memiliki visa untuk masuk ke suatu negara.
Sementara Visa on arrival adalah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh langsung di perbatasan antarnegara /bandara.
Bahasa awamnya paspor adalah KTP untuk keluar negeri, visa adalah tiket masuk untuk ke suatu negara sementara Visa on arrival adalah tiket masuk ke suatu negara yang bisa di “beli” di perbatasan / bandara negara yang akan di tuju.
~ seperti yang dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Visa

Mengurus visa, sangat menyita waktu, birokrasinya pun tidak mudah ditambah lagi kita harus keluar kocek yang tidak sedikit, bagi kita, Warga Negara Indonesia pemilik paspor hijau bergambar garuda Indonesia, agak sulit untuk meng-apply visa untuk kepergian wisata ke Amerika Serikat dan Australia, tidak berlaku buat WNI yang punya suami atau istri “bule” ya  apalagi berasal dari Negara tersebut …. Mengapa?
karena persyaratannya cukup berat, salah satunya kita harus punya uang dengan nominal yang tidak sedikit dan beku di di dalam rekening tabungan kurun tiga bulan terakhir.

Buat yang sudah panjang rute dan cap imigrasi di paspor hijaunya dan berniat menambah daftar capnya, mungkin beberapa nama Negara-negara dibawah bisa dijadikan referensi, mengingat menguatnya USD dan AUS$ sangat mengurungkan niat dan mematahkan mimpi untuk bisa kesana, mending pergi haji, atau bawa keluarga umroh ke tanah suci, Aamiin YRA.

Berikut beberapa kutipan daftar Negara tetangga yang mungkin bisa jadi referensi :

SINGAPURA [Tanpa VISA, 30 hari]
Bagi yang paspor nya masih bersih dan polos, Negara ini bisa dijadikan tujuan perdana, mengingat lokasinya dekat sekali dengan Negara kita dan yang pasti tingkat kesulitas ke Negara ini sangat minim bagi yang mau coba melancong dengan keluarga tanpa tour guide alias jalan-jalan ala ala nekat.
Negara maju yang update nya menjadi Negara tujuan wisata dengan “biaya hidup mahal” kedua setelah amerika, wow!
Tapi singapura memang Negara Kecil yang sangat maju, kelak anak-anak kami sudah besar pun kami berharap bisa merealisasikan rencana mem-boarding mereka di salah satu sekolah di sana, InshaaAllah.
Tata Letak kotanya sangat bagus, senyasar-nyasarnya kita disana, tidak akan nyasar.
Sulit menemukan praktek taxi meter yg konyol, calo-calo dan beberapa criminal action diarea sini, selain Negara ini ber CCTV juga fasilitas umumnya sudah sangat established, kenyamanan ini akan sangat berasa sampai kita berakhir di Woodsland Check Point, daerah perbatasan antara Singapura dan Malaysia, tepatnya Johor Bahru.

Nadi Pariwisata Negara ini adalah Orchard Road. Kecendrungan WNI kesini untuk belanja, ckckckkk, keren ya, padahal nilai mata uangnya kalau dikonversi kita punya rupiah, duh 

1. Merlion Park
Merlion adalah sebuah patung dengan kepala singa dan berbadan ikan yang sudah menjadi maskot Singapura. Nama Merlion merupakan gabungan dari “mermaid” dan “lion” atau dalam bahasa Indonesia adalah ikan duyung dan singa. Taman Merlion Park buka 24 jam setiap hari dan tidak dipungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung, sehingga anda dapat menghemat biaya perjalanan anda. Selain berfoto-foto anda juga dapat menikmati sungai di lokasi ini karena Merlion Park terletak di depan Singapore River.

2. Universal Studios
Universal Studios adalah taman hiburan seperti Dufan di Jakarta dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling terkenal bagi warga Indonesia. Harga tiket Universal Studios pada akhir pekan, tanggal merah, dan musim liburan cukup mahal, bisa sampai dengan sekitar 1 juta Rupiah untuk orang dewasa. Apabila anda ingin hemat, cukup berfoto di depan bola dunia Universal Studios saja. Apabila anda ingin masuk dan bermain di Universal Studios, datanglah pada pagi hari karena antrian permainan di Universal Studios bisa sangat panjang, kecuali anda mempunyai tiket prioritas sehingga anda tidak perlu mengantri panjang, namun tentu saja harga tiket ini lebih mahal dari tiket biasa.

3. Orchard Road
Orchard Road atau Jalan Orchard adalah nama sebuah jalan di Singapura yang sangat terkenal dengan wisata belanjanya. Selain dipenuhi pusat belanja, Orchard Road juga dipenuhi restoran, spa, dan lain-lain. Untuk berkunjung ke Orchard Road tentu saja gratis apabila hanya melihat-lihat saja. Apabila Orchard Road adalah tempat tujuan utama anda di Singapura, saya sarankan carilah hotel di sekitar Orchard Road supaya tidak kesulitan membawa barang belanjaan menggunakan kendaraan umum. Di sepanjang Sentosa Island ada 3 buah stasiun MRT jadi anda tidak perlu kuatir jauh dari stasiun. Orchard Road adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang wajib dikunjungi, walaupun hanya melihat-lihat saja.

4. Sentosa Island
Sentosa Island adalah sebuah tempat wisata di Singapura yang lengkap, namun tidak menyatu dengan pulau utama Singapura, melainkan berada di pulau yang terpisah. Banyak cara untuk mencapai Sentosa Island, yang paling menarik adalah dengan menggunakan kereta gantung karena anda juga dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian. Harga menaiki kereta gantung memang cukup mahal, yaitu sekitar 300,000 Rupiah, namun menaiki kereta gantung ini dapat memberikan pengalaman yang menarik untuk anda. Apabila anda ingin berhemat, ada cara lain untuk mencapai Sentosa Island yaitu dengan berjalan kaki, menaiki monorail Sentosa Express, dan menggunakan bus. Yang bisa anda temukan di Sentosa Island adalah pantai, hotel, spa, restoran, tempat belanja, tempat bermain golf, berbagai macam atraksi hiburan, kasino, dan lain-lain.

5. Bugis Street
Bugis Street adalah sebuah jalan di Singapura yang terkenal dengan wisata belanjanya. Berbeda dengan Orchard Road yang menawarkan pengalaman belanja mewah, Bugis Street menawarkan pengalaman wisata belanja murah ala jalanan. Biasanya Bugis Street adalah tempat wisatawan berburu oleh-oleh murah di Singapura. Sangat mudah sekali mencapai Bugis Street, anda hanya perlu menaiki MRT dan turun di stasiun Bugis. Lokasi Bugis Street hanya sekitar 50 meter dari stasiun Bugis. Bugis Street adalah tempat wisata belanja jalanan yang terbesar di Singapura.

6. Chinatown
Sesuai dengan namanya, Chinatown adalah sebuah kawasan dengan suasana seperti di China. Mayoritas penduduk di daerah Chinatown adalah keturunan China, sehingga sangat terasa kentalnya budaya China di daerah ini, misalnya di bentuk bangunan, hiasan, barang dagangan, dan lain-lain. Chinatown sudah menjadi salah satu tempat wisata di Singapura yang paling disukai wisatawan karena merupakan perpaduan menarik antara wisata kuliner, belanja, budaya, dan juga sejarah. Apabila anda ingin berbelanja di sini, jangan lupa untuk menawar harga terlebih dahulu. Apabila anda ingin berwisata kuliner di Chinatown, perlu diingat bahwa sebagian besar penjual makanan dan minuman di Chinatown buka mulai dari sore hari hingga tengah malam. Mudah sekali untuk mencapai Chinatown, anda cukup menggunakan MRT dan turun di stasiun Chinatown.

7. Little India
Little India adalah pusatnya komunitas India di Singapura. Dengan suasana khas India dan dipenuhi orang-orang India, Little India akan membuat anda serasa berada di India. Berada di seberang Chinatown, Little India adalah tempat yang menjual berbagai jenis kerajinan khas India, berbagai jenis makanan khas India, emas, dupa, minyak pijat, parfum, kain hingga jasa peramalan nasib. Di tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh khas India ini terdapat bebauan khas India, dan biasanya adalah bau rempah-rempah. Saya sendiri kurang suka tempat ini karena saya kurang nyaman dengan bau keringat orang India, namun walau begitu, Little India adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang cukup menarik untuk dikunjungi.

8. Arab Street
Arab Street adalah tempat yang kental dengan budaya timur tengah. Arab Street adalah pusatnya umat Islam di Singapura, sehingga anda dapat menemukan banyak toko berbau Islam di daerah ini, misalnya berbagai jenis busana Islam dan kelengkapan ibadah. Selain itu anda juga dapat menemukan penjual parfum, karpet, dan kain-kain mewah yang berwarna-warni, termasuk batik khas Indonesia. Pedagang barang-barang tersebut biasanya ramai pengunjung pada siang hari, pada malam hari yang banyak berjualan adalah pedagang makanan khas Arab. Biasanya wisatawan datang ke lokasi ini untuk mencari suasananya, bukan untuk berbelanja.

9. Haw Par Villa
Haw Par Villa adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang paling unik. Secara umum, Haw Par Villa adalah tempat rekreasi sejarah budaya China yang memiliki lebih dari 1,000 patung dan lebih dari 150 diorama dengan tema kisah rakyat China dan legenda-legenda China. Yang membuat Haw Par Villa unik adalah adanya beberapa diorama bertemakan neraka. Diorama-diorama ini memberikan gambaran mengenai kengerian neraka, jadi apabila anda membawa anak kecil, anda perlu memberikan pengertian kepada anak anda supaya tidak ketakutan. Haw Par Villa sangatlah berguna untuk mengajarkan anak-anak berbuat baik dan menjauhi segala bentuk dosa. Di Haw Par Villa, selain dapat menikmati wisata budaya, anda juga dapat berhemat karena masuk ke Haw Par Villa tidak dipungut biaya sama sekali.

10. Raffless Landing Site
Raffless Landing Site mungkin tidak umum di telinga wisatawan Indonesia karena wisata sejarah memang tidak banyak peminatnya. Raffless adalah nama dari pendiri sekaligus gubernur Singapura modern, sedangkan Raffless Landing Site adalah tempat untuk mengenang jasa-jasa dari Raffless. Di tempat ini anda dapat melihat patung replika dari Raffless, mengenal sejarah Singapura, melihat diorama sejarah dan budaya Singapura, serta berfoto-foto di sebelah patung Raffless dengan latar belakang sungai dan kota Singapura. Apabila anda tertarik berkunjung ke Raffless Landing Site, stasiun MRT terdekat adalah stasiun Raffless Place.

11. Esplanade
Esplanade berlokasi dekat dengan patung kebanggaan Singapura yaitu Merlion. Esplanade adalah sebuah pusat seni dan merupakan salah satu pusat seni yang paling aktif dan sibuk di dunia. Dengan bentuk atapnya yang unik dan mirip buah durian, Esplanade memiliki banyak fasilitas yang berhubungan dengan seni, misalnya ruang konser, teater dalam ruangan, teater luar ruangan, perpustakaan, ruangan pameran lukisan, hingga food court dan lain-lain. Memasuki tempat ini tidak dipungut biaya, kecuali sedang ada konser yang mengharuskan membeli tiket. Suasana di sekitar Esplanade juga sangat indah, jadi walaupun sedang tidak ada konser, tempat ini masih menarik bagi wisatawan.

12. Gardens by The Bay
Gardens by The Bay adalah sebuah taman unik yang berada di sekitar Marina Bay. Seperti selayaknya taman, Gardens by The Bay mempunyai banyak pohon dan tumbuhan hijau, yang membuat unik adalah di sini anda dapat menemukan beberapa pohon buatan raksasa. Pohon-pohon buatan ini terbuat dari baja dan berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari. Pada malam hari, lampu yang dipasang di pohon buatan setinggi gedung bertingkat 16 ini akan menyala, sehingga menjadi sangat indah. Untuk berkeliling di area ini tidak dikenakan biaya, namun bila anda ingin naik dan berjalan-jalan di jembatan yang menghubungkan pohon-pohon buatan ini, anda harus membeli tiket seharga kira-kira 50,000 Rupiah. Selain itu, di area ini terdapat juga Cloud Forest dan Flower Dome yang merupakan tempat konservatori tanaman dan bunga dengan harga tiket sekitar 350,000 Rupiah.

13. Singapore Flyer
Singapore Flyer adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang paling populer. Singapore Flyer merupakan sejenis Bianglala di Dufan namun dengan ukurang yang sangat besar, bahkan merupakan yang paling besar di dunia dengan tinggi 165 meter, atau setara dengan gedung bertingkat 42. Memiliki 28 kabin dengan kapasitas untuk 10-15 orang, sekali putaran Singapore Flyer akan memakan waktu sekitar 30 menit. Selama 30 menit itu anda akan dapat menikmati pemandangan kota Singapura, bahkan anda juga bisa melihat Indonesia dari Singapore Flyer. Apabila anda berminat menaiki wahana Singapore Flyer, anda bisa menggunakan MRT dan turun di stasiun Promenade. Harga tiket untuk menaiki Singapore Flyer adalah sekitar 350,000 Rupiah.

14. Henderson Waves Bridge
Henderson Waves Bridge mungkin jarang menjadi pilihan utama tempat wisata di Singapura, namun sebenarnya tempat ini sangatlah menarik. Henderson Waves Bridge adalah sebuah jembatan kayu dengan desain yang unik dan menyerupai gelombang ombak. Mulai dari jam 7 malam, Henderson Waves Bridge akan menyalakan lampunya yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sangat indah.Henderson Waves Bridge adalah jembatan untuk pejalan kaki yang memiliki ketinggian tertinggi di Singapura, sehingga anda dapat menikmati pemandangan kota Singapura dari jembatan ini. Apabila anda ingin berkunjung ke Henderson Waves Bridge, anda bisa turun di stasiun MRT Harbour Front.

15. Marina Bay Sands
Marina Bay Sands adalah ikon sekaligus tempat wisata di Singapura yang terbaru. Hampir semua wisatawan dari Indonesia yang datang ke Singapura berfoto-foto dengan latar belakang Marina Bay Sands. Marina Bay Sands adalah sebuah pusat hiburan dan resort terpadu yang dibuka sejak tahun 2010. Penampilan visual bangunan Marina Bay Sands sangatlah unik dan tiada duanya di dunia dengan 3 gedung utama yang dihubungkan dengan bangunan berbentuk kapal di atasnya. Marina Bay Sands memiliki ribuan kamar hotel, kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman, hingga mall mewah dan lain-lain, semuanya dalam satu lokasi. Selain itu di bangunan berbentuk perahu yang ada di atas gedung, terdapat kolam renang yang merupakan kolam renang terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 150 meter, dan berada di ketinggian 200 meter. Di ketinggian tersebut, anda dapat melihat Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Apabila anda ingin naik ke atas Marina Bay Sands, anda harus membayar sekitar 250,000 Rupiah. Pada malam hari, Marina Bay Sands mempertontonkan atraksi cahaya yang menarik dan dipantulkan oleh danau Marina Bay. Stasiun MRT terdekat dari Marina Bay Sands adalah stasiun Marina Bay dan stasiun Promenade.

16. Helix Bridge
Helix Bridge adalah sebuah jembatan dengan arsitektur yang sangat menawan. Dengan panjang sekitar 280 meter, Helix Bridge adalah jembatan pejalan kaki yang terpanjang di Singapura. Jembatan yang berada di Marina Bay ini berbentuk spiral seperti DNA dan akan menyala pada malam hari sehingga menambah keindahan dari jembatan ini.

17. Art Science Museum
Art Science Museum adalah sebuah museum yang berlokasi di Marina Bay Sands. Berlokasi di tepi danau Marina Bay, Art Science Museum memiliki bentuk menyerupai bunga teratai. Tidak hanya itu saja keunikan dari desain bunga teratai Art Science Museum, desain teratai ini juga mempunyai fungsi mengumpulkan air hujan, dan mengalirkannya menjadi sebuah air terjun. Art Science Museum adalah tempat pameran seni kelas dunia berlangsung sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

18. Singapore Botanical Gardens
Singapore Botanical Gardens adalah paru-paru bagi Singapura. Memiliki bermacam-macam tanaman dari berbagai belahan dunia, Singapore Botanical Gardens adalah tempat yang cocok untuk berjalan-jalan santai dengan gratis. Dengan luas sekitar 74 hektar, Singapore Botanical Gardens adalah tempat wisata di Singapura yang sangat cocok bagi pecinta tanaman dan bunga. Singapore Botanical Gardens buka dari jam 5 pagi, sehingga tempat ini banyak dipakai warga Singapura untuk berolahraga pagi. Selain taman dan kebun, Singapore Botanical Gardens juga memiliki danau angsa dan danau yang memiliki panggung di tengahnya. Di tempat ini juga terdapat National Orchid Garden dengan tiket masuk seharga kurang lebih 50,000 Rupiah. Untuk mencapai Singapore Botanical Gardens, turunlah di stasiun MRT Botanic Gardens.

19. Singapore River
Singapore River adalah sebuah sungai di Singapura yang mengalir dari tengah Singapura sampai ke lautan. Sungai ini begitu terkenal bagi wisatawan dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Kegiatan yang menarik di Singapore River adalah Singapore River Cruise, atau wisata menyusuri sungai dengan menggunakan perahu listrik yang canggih. Sambil menikmati pemandangan Singapura dari sungai, pemandu di perahu akan memberi penjelasan mengenai Singapore River, gedung-gedung yang dilewati, sejarah Singapura, dan lain-lain. Harga tiket menyusuri Singapore River adalah sekitar 250,000 Rupiah.

20. Singapore Zoo
Singapore Zoo adalah kebun binatang milik Singapura dan merupakan salah satu tempat wisata di Singapura yang paling disukai anak-anak. Singapore Zoo memiliki koleksi binatang langka dengan jumlah ribuan. Singapore Zoo juga memiliki program wisata kebun binatang malam untuk anda yang ingin merasakan sensasi yang berbeda. Dilengkapi dengan area bermain anak-anak, Singapore Zoo adalah tempat wisata di Singapura yang sangat cocok untuk anda yang berwisata dengan anak. Harga tiket masuk Singapore Zoo adalah sekitar 250,000 Rupiah.

21. Jurong Bird Park
Jurong Bird Park adalah tempat wisata di Singapura yang sangat terkenal di dunia, karena merupakan taman burung yang terbesar di dunia. Jurong Bird Park memiliki lebih dari 8,000 ekor burung dari sekitar 600 spesies yang berbeda. Burung-burung ini berasal tidak hanya dari Singapura saja, melainkan dari seluruh dunia. Apabila anda lelah berjalan kaki berkeliling Jurong Bird Park, di sini ada fasilitas mengamati burung dengan menggunakan monorail. Selain mengamati burung, anda juga dapat berfoto-foto dengan burung, memberi makan burung, dan menonton acara atraksi burung yang diadakan di Jurong Bird Park setiap harinya. Harga tiket masuk Jurong Bird Park adalah sekitar 200,000 Rupiah, sedangkan harga monorail adalah sekitar 50,000 Rupiah. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun Boon Lay.

22. St. Andrew’s Cathedral
St. Andrew’s Cathedral adalah gereja pertama dan terbesar di Singapura. Dengan gaya bangunan kuno, St. Andrew’s Cathedral adalah salah satu bangunan yang paling indah di Singapura dan telah ditetapkan sebagai salah satu monumen nasional Singapura pada tahun 1973. Memasuki area St. Andrew’s Cathedral tidak dipungut biaya. Stasiun MRT terdekat adalah stasiun City Hall.

23. Masjid Sultan
Masjid Sultan adalah bangunan bersejarah yang terletak di Kampung Glam, Singapura. Masjid Sultan adalah masjid yang pertama di Singapura dan sekarang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Singapura. Dulunya, Masjid Sultan adalah lokasi tempat tinggal warga Indonesia yang berdagang di Singapura. Masjid Sultan terbuka bagi siapa saja yang ingin masuk melihat ke dalam, namun mungkin anda akan diminta menggunakan sebuah jubah panjang supaya lebih sopan. Keunikan dari Masjid Sultan adalah kubahnya yang berwarna emas. Masjid Sultan sangatlah berbeda dengan masjid di Indonesia yang kurang terawat, Masjid Sultan sangatlah bersih dan rapi. Tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati keindahan Masjid Sultan.

24. Singapore Flight Experience
Berlokasi di Raffless Avenue, Singapore Flight Experience mungkin belum begitu terkenal di antara wisatawan Indonesia. Mungkin hal ini dikarenakan harganya yang cukup mahal untuk warga negara Indonesia. Di tempat ini anda dapat mencoba menjadi seorang pilot yang menerbangkan pesawat besar ke bandara-bandara terkenal di seluruh dunia. Memang ini hanyalah sebuah simulator, namun Singapore Flight Experience menawarkan pengalaman yang benar-benar serupa dengan menerbangkan pesawat asli. Mulai dari suara, pemandangan, hingga panel-panelnya benar-benar seperti berada di pesawat asli. Untuk mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan di Singapore Flight Experience, anda harus membayar sekitar 2,000,000 Rupiah.

MALAYSIA [Tanpa VISA, 30 hari]
Kecendrungan keluarga yang sudah menginjak singapura biasanya menambah rute tambahan ke Negara ini, moda transportasi menuju Negara ini dari singapura banyak variasi, bisa MRT, Bus bahkan Pesawat, tapi yang nge hits banget dijamin Bus, dengan SGD3 untuk adult dan SGD1.5 child kita sudah bisa lintas Negara dengan bus causeway link yang sangat nyaman.
Bila dengan keluarga perjalanan kita, sangatlah merugi bila tidak mengunjungi Legoland di Johor Bahru sebagai spot pertama selepas dari Singapura, disusul lintas area lagi menuju Kuala Lumpur, untuk informasi, sama seperti Indonesia, Malaysia memiliki beberapa tempat favorit pelancong yang jaraknya tidak dekat; macam Bandung, Surabaya, Bali dll. Kalau di Malaysia seperti Johor Bahru, Penang, Langkawi, Kota Kinabalu, Serawak, Kuching dll. dan ibukotanya Kuala Lumpur.

Negara dengan obyek wisata nya yang paling terkenal adalah menara kembar KLCC (Kuala Lumpur Convention Center), tujuan wisata lainnya antara lain KL Tower, Bukit Bintang, Genting Highland, wisata di Malaka, wisata di Langkawi,dll. Recomended untuk dikunjungi pula : Galeri Petronas, Petrosains & Petrosains Speed, National Theatre, National Science Center, Petaling Street, Central Market, KL Bird Park, Lake Gardens, dan Royal Selangor Kuala Lumpur. Selain itu disana juga ada Redang Island, tempat menikmati olah raga air seperti scuba diving, snorkeling, wind surfing, dan manciiiing… Mata uang yang dipergunakan oleh negara ini adalah Ringgit.

Sama halnya dengan Negara kita, Malaysia agak sedikit “slebor” untuk urusan tarif taxi …pintar-pintar nya kita, khususnya diarea-area yang tidak tercover commuter, dijamin dibawa pusing-pusing tambah pusing lihat meter bergerak bagai kuda, usahakan cari counter taxi.

BRUNEI DARUSALAM [Tanpa VISA, 14 hari]
Negara cantik nan makmur. Posisinya berada di Pulau Kalimantan, berbatasan dengan Serawak dan Laut Cina Selatan. Bagi yang melancong ke Malaysia dan tujuannya ke Kota Kinabalu, Brunai bisa ditambahkan sebagai destinasi tambahan, hanya butuh waktu tidak lebih dari 4 jam ber ferry dari Jesselton Point menuju Negara tetangga ini. Satuan mata uangnya Brunei Dolar, memiliki nilai yang sama dengan Dolar Singapura. Tempat-tempat pariwisata yang menarik untuk dikunjungi di Brunei antara lain: Istana Nurul Iman, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Museum Brunei, Masjid Jami Asr Hassanil Bolkiah, Gedung Royal Regalia, jangan ketinggalan juga mencoba kuliner khas Brunei yaitu nasi Katok. Katok artinya ketuk, yang ternyata merupakan nasi bungkus dengan lauk gulai ayam dan telur atau gulai daging sapi.

VIETNAM [Tanpa VISA, 30 hari]
Ho Chi Minh City menjadi salah satu pusat pariwisata terbesar di VIETNAM. Disana terdapat Ho Chi Minh Museum, Cu Chi Tunnels,kawasan wisata Thanh Da, Binh Quoi Village, Bendungan sen Park, dll. Wisata danau di Dalat City, banyak terdapat danau-danau alam & buatan seperti Ho Xuan Huong, Than Tho, Da Thien, dan Tuyen Lam.
Kota-kota tujuan wisata di vietnam lainnya adalah Nha Trang City, Danang City, Hue City, Halong City, Hanoi, Sa Pa. Serta jangan lupa untuk berkunjung dan menikmati keindahan Halong Bay.

THAILAND [Tanpa VISA, 30 hari]
Negara sejuta wisata, sangat terkenal di dunia dan menjadi salah satu sektor pariwisata andalan di kawasan Asia Tenggara. Menuju Negara ini bisa dari Malaysia juga untuk yang suka berpetualang, cobalah ke Terminal Puduraya dan carilah Bus antar daerah yang menuju Hat Yai, memakan waktu tidak selama Bangkok ke Phuket by bus dari Terminal Surathani (18 jam) dengan bus pariwisata yang lumayan nyaman dan yang pasti MURAH. Surga Belanja kelas dunia,mulai dari pasar grosir Bo Bae dan Pratunam, mall favorit nya turis Indo Mah Bung Krong (MBK), pasar malam Suan Lum, pasar terbesar Asia Chatuchak, King Duty Free, Siam Paragon, & Siam Square. Hiburan & Entertainment, bisa mengunjungi: Dream World & Ocean World, Siam Niramit, Cabaret dan Noong Noch. Kecantikan Alamnya, jangan ditanya, pastikan mengunjungi Phi-Phi Island,Kho Samui, James Bond Island, Pattaya & Phuket, Hua Hin, Chiang Mai, dan Ayutthaya.

HONG KONG [Tanpa VISA, 30 hari]
Datanglah ke Negara ini pada pertengahan September sampai akhir februari karena di range waktu tersebut merupakan saat yang tepat melancong ke Negara tetangga ini, karena cuaca dari mei sampai pertengahan september menjadi panas, hujan dan lembab, dan agustus akan menjadi bulan turunnya hujan.

Tempat wisata HONGKONG yang paling terkenal tentu saja Disneyland Resort – Hong Kong yang dibuka September 2005. Beberapa lokasi dan daerah yang menjadi tujuan wisata antara lain:Kowloon, Tsim Sha Tsui, Avenue of Stars, Star Ferry, HongKong, Victoria Peak, Victoria Harbour, Aberdeen, Menara Bank of China, Hong Kong Convention and Exhibition Center, Lantau, Po Lin Monastery, Tian Tan Buddha, Tai O, Jembatan Tsing Mai, Jembatan Ting Kau. Ikon Hongkong lainnya seperti Madame Tussaud’s (museum patung lilin berbagai tokoh kenamaan dunia), Cable Car yang membentang sepanjang 5,7km menghubungkan Tung Chung dan Ngong Ping, Sky Terrace, Hongkong Park, Sha Tin Park, dan tentu saja tak ketinggalan Mong Kok, tempat wisata belanja yang murah meriah.

MACAU [Tanpa VISA, 30 hari]
Old Church of Mater Dei, yang menjadi salah satu objek wisata terfavorit di MACAU. Kota ini juga memiliki banyak Museum seperti: Museum of Macau, Grand Prix Museum, Taipa Houses Museum (museum fashion), Macau Maritime Museum, Art Museum, Wine Museum, dan Museum of Nature & Agriculture, yang menawarkan suasana alam dengan ruang terbuka yang menghijau, meski tidak terlalu luas. Untuk Bangunan Tradisional bersejarah dapat mengunjungi Kuil A-Ma di Senado Square. Dan tentu saja Macau City Tower, yang merupakan lokasi untuk kegiatan skywalk. Mata uang yang berlaku adalah Macao Pataca. Namun mereka akan senang hati menerima dolar Hongkong ($HK).

PHILIPINA [Tanpa VISA, 21 hari]
Daya tarik negara kepulauan ini adalah pantai-pantai nya yang masih alami dan sepi. FILIPINA, selain menawarkan kehidupan laut yang indah, wisata pedesaan , juga kota sebagai pusat perbelanjaan. Negara ini juga kaya akan warisan budaya termasuk situs warisan UNESCO Beras Terraces Banaue di Ifugao. Beberapa tujuan wisata di Filipina antara lain: Tracking di Mt Pulag, Paraglidining di Bohol, Bohol Island, melihat lumba-lumba dan ikan paus di Pamilacan Island, Danao Adventure Park, Dahilayan Adventure Park, Boracay Beach, Rafing di Bubunawan River, Camiguin Island, Lake Sebu, Surfing & Snorkeling di La Union Beaches, Chinatown di Manila, Manila City Rizal Park, dll

Walaupun bebas visa, ada kalanya kita harus mencari informasi lebih lanjut. Terkadang terdapat persyaratan tambahan untuk masuk ke suatu negara sekalipun bebas visa:
Sebagai contoh, Filipina mempersyaratkan tiket return untuk dapat menaiki pesawat yang menuju Filipina. Tanpa tiket pulang, maka kita tidak dapat masuk ke dalam pesawat dengan tujuan Filipina.
• Mempunyai alamat yang jelas seperti relasi di negara tujuan, atau booking hotel.
• Mempunyai visa-visa negara tetangga yang masih berlaku, visa regional seperti schengen, visa residence negara tertentu atau visa Amerika.
• Membeli kartu turis seperti yang diberlakukan oleh negara Cuba.

CAMBODIA [VISA on Arrival, 30 hari]
** Membayar ketika sampai di Kamboja 30 Dollar untuk satu bulan dan 25 Dollar untuk 5 hari

CAMBODIA atau Kamboja. Ada beberapa cara untuk mengunjungi Kamboja,,yaitu melalui jalur udara, yang sudah banyak terdapat jalur penerbangan ke kedua kota di Kamboja.PhnomPenh sebagai ibukotanya dan Siem Reap yang menjadi primadona wisatawan untuk mengunjungi situs bersejarah Angkor Wat.Cara lainnya untuk berkunjung ke Kamboja adalah melalui jalur darat yang dapat di tempuh melalui perbatasan dengan Vietnam atau dengan Thailand dengan pintu perbatasan Kamboja di Poi Pet. Angkor Wat dan Bayon Temple yang ada di Seam Reap adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, destinasi wisata lainnya antara lain: Royal Palace, National Museum of cambodia, dan Museum Genocide di Phnom Penh, dll. Mata uang yang dipergunakan di negara ini adalah Riels.

LAOS [VISA on Arrival, 15-30 hari]
LAOS, negeri seribu gajah. Visa on arrival bisa diperoleh dengan mudah di bandara dengan biaya US$ 30 untuk izin tinggal selama 30 hari. Vientiane adalah nama ibukotanya. Terletak di sisi sungai Mekong yang berbatasan langsung dengan wilayah Thailand. Tempat tujuan wisatanya antara lain The Lao Cultural center, National Museum, Morning Market atai Talaat Sao, Xieng Khuan Buddha Garden, Pha That Luang (bangunan indah yang menjadi monumen nasional dan simbol bangsa Laos), Wat Si Saket (kuil Buddha tertua di Vientiane), The Kaysone Phomvihane Memorial and Museum, Wat Si Muang (salah satu kuil teraktif di Vientiane yang terawat dengan baik), The Royal Palace Museum (Haw Kham) di Luang Prabang, dll. Mata uang yang dipergunakan adalah kip. 1 US $ sebanding dengan sekitar 10,000 kip. Mata uang dollar amerika juga bisa dipergunakan disini.

MYANMAR [VISA On Arrival, 28 hari tanpa perpanjangan hanya lewat bandara yangoon atau mandalay US$30] Tanah sejuta candi bata. Bagan, adalah sebuah mantan kota lama di Provinsi Mandalay, Myanmar. Candi-candi di Bagan seluruhnya terbuat dari bata merah. Ada beberapa candi besar, salah satu yang utama adalah Candi Ananda yang berisi patung Buddha berlapis emas setinggi lebih dari 20 meter. Obyek menarik lainnya seperti Danau Inle dan juga Kota Mandalay dan sekitarnya. Mengunjungi Myanmar terbaik pada bulan Oktober karena pada bulan ini terdapat Festival Danau Inle yang sangat besar. Namun, untuk mengunjungi Bagan, waktu terbaik adalah di awal tahun saat musim dingin agar suasana Bagan bersih dari awan dan kabut. Dengan menyewa balon udara berbiaya 250 dollar AS (sekitar Rp 2,3 juta) per orang, Anda bisa memotret ribuan candi itu dari udara..

MALDIVES [VISA On Arrival, 30 hari]
The Best Calm Beaches in The World.
Siapa yang tak kenal MALDIVES atau MALADEWA. Negara dengan kumpulan pulau-pulau kecil membentuk atoll yang terbentang sekitar 800 km dari utara ke selatan di Lautan Hindia bagian Utara. Maldives merupakan jajaran 26 atoll yang terdiri dari 1.190 pulau-pulau kecil dan hanya 198 pulau yang berpenghuni.
Mata Uang Maldives ada 2 yaitu Rufiyas (kertas) dan Laaris (koin).1 Rufiyas setara dengan 100 Laaris.

IRAN [VISA on Arrival + Sponsorship Letter, 7-15 hari]
Esfahan dan Shiraz adalah dua tujuan pariwisata yang paling populer. Keduanya merupakan tempat kuno bersejarah. Tujuan wisata yang lain adalah Teheran, yang merupakan ibukota IRAN. Teheran, kota yang dinamis dengan berbagai museum dan istana. Tempat lain yang bisa dikunjungi di Iran diantaranya: Naqsh-e-Jahan square, Choghazanbil temple di Haftappeh, Masjid-e-Shaikh Lotfollah di Esfahan, Vank Cathedral di Esfahan, Atashkadeh Yazd (candi api Zoroasterians terbesar dan terluas), Banaye Shamsolemareh (Imperial Palace of Qajar kings) di Teheran, Attar’s Mausoleum di Neyshabur , Hafez’s Mausoleum dan Saadi’s Mausoleum di Shiraz, Baba Taher Mausoleum di Hamadan, dll. Dan rencananya Departemen ,Pariwisata di Iran sedang merancang sebuah pulau sebagai lokasi liburan khusus untuk perempuan. fasilitas tersebut rencana dibangun di pulau Arezou.

SRI LANKA [VISA On Arrival, 30 hari]
SRILANKA, memiliki banyak kota-kota wisata bersejarah seperti Sigiriya, Kandy, Nuwara Eliya, dan ibu kota Colombo. Sigiriya, objek wisata paling terkenalnya adalah Sigiriya Rock Fortress. Kandy, dikota ini dapat dikunjungi pasar tradisional, pusat kesenian dan kerajinan tangan, serta pusat pembuatan batu-batu permata. Selain itu, di Kandy juga terdapat Temple of the Sacred Tooth Relic. Nuwara Eliya, atau lebih dikenal dengan sebutan “Little England”, berlokasi di dataran tinggi dengan dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan, air terjun dan perkebunan teh yang indah dan luas.Colombo, di kota ini kita bisa berwisata belanja di Noritake, Odel, Barefoot, dan House of Fashion.
NEPAL [VISA On Arrival, 30-60 hari]
NEPAL terletak di kawasan pegunungan Himalaya. Negara ini mendapat julukan negeri seribu kuil. Tidak berlebihan, karena di Kathmandu -ibukota Nepal- setidaknya terdapat 7 kompleks besar kuil Hindu dan Buddha yang berusia ribuan tahun. Hampir keseluruhan kuil masih terawat dengan sangat baik dan hingga sekarang masih tetap dipergunakan sebagai tempat ibadah, atau festival keagamaan oleh masyarakat setempat. Selain Kathmandu, masih ada Pokhara, Nagarkot, Annapurna (kawasan konservasi alamnya yang merupakan rute trek favorit para pendaki profesional), Chitwan (taman nasional dan spesies langka), dan Lumbini, yang tak kalah populer. Jika ingin memotret salju di pucuk Everest dan Himalaya, jangan berkunjung di bulan Juni-Juli karena saat itu puncak musim panas.
INDIA [VISA On Arrival, kurang lebih Rp.600.000,- an]
INDIA memliki sederet objek wisata yang menakjubkan. Sudah pasti yang menjadi kunjungan terfavorit bagi para wisatawan adalah Taj Mahal.
Objek wisata di India lainnya seperti Khandala Ghat (terkenal untuk tempat berbulan madu), Akshardham Temple, Jaisalmair Fort, Lotus Temple, Brihadeshwara temple di Tanjore, Wildlife Sanctuary dan Boat Cruise di Periyar, Srirangam Temple & Rockfort di Trychi,dll. Dan yang suka berpetualang dapat melakukan aktivitas Jeep Safari in Himalaya, Leh Adventure Tour, atau River Rafting Advanture Tour, yang semua paketnya start di Delhi.

Mulai rangkailah perjalanan mu 🙂
Senin sampai Jumat bekerja dari jam 8 sampai 5 diluar rumah, sisihkan waktu dan dana untuk melancong bersama keluarga tercinta, carilah harga promo dan nikmati keindahan dunia dalam jangkauan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Jazakumullah Khoir

  • 71,035 hits
Irmalida

Stairway to Jannah

ShinnichiVegaKimirossi

My Life - My Hobby - My Ambition

Teddy Oktafianus

Menjemput Hidayah Menuju Hijrah Kaffah

KELUARGA OKTAFIANUS

Bersama Hijrah Menjemput Hidayah

%d bloggers like this: