Meninggalkan Hal-Hal Yang Bukan Urusannya

Leave a comment

23/03/2017 by keluarga Oktafianus

๐Ÿ‘ค Ustadz Firanda Andirja, MA
๐Ÿ“— Kitฤbul Jฤmi’ | Bab Zuhud Dan Wara’
๐Ÿ”Š Hadits 08 | Meninggalkan Hal-Hal Yang Bukan Urusannya

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡

Kita masuk pada hadits yang ke-8.

ูˆูŽุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู… : “ู…ูู†ู’ ุญูุณู’ู†ู ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกูุŒ ุชูŽุฑู’ูƒูู‡ู ู…ูŽุง ู„ุงูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠู’ู‡ู.” ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงู„ุชูู‘ุฑู’ู…ูุฐููŠูู‘ุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุณูŽู†ูŒ.

Dari Abลซ Hurairah radhiyallฤhu ‘anhu, beliau berkata: Rasลซlullฤh shallallฤhu ‘alayhi wa sallam bersabda:

“Diantara keelokan Islam seseorang adalah meninggalkan apa yang bukan urusannya.”
(HR Tirmidzi, ia berkata: “Hadits yang hasan.”)

Hadits ini adalah hadits yang sangat agung, yang mengajarkan adab yang sangat tinggi, karena Rasลซlullฤh shallallฤhu ‘alayhi wa sallam membuka hadits ini dengan berkata, “Diantara keelokan Islam seseorang.”

Jadi kita bisa mengukur keelokan Islam seseorang yaitu dengan melihat bagaimana kegiatan dia.

Kalau kegiatan yang dia lakukan (baik perkataan maupun perbuatannya) berkaitan dengan urusan yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat, maka ini adalah orang yang Islamnya indah.

Tapi ada orang yang kesibukannya pada perkara-perkara yang tidak bermanfaat dan yang bukan urusannya, seperti:

โ€ข Nimbrung dengan urusan orang lain,
โ€ข Komentar dengan perkara-perkara yang bukan bidangnya,
โ€ข Ikut ingin tahu urusan-urusan orang lain,
โ€ข Menghabiskan waktu pada yang tidak bermanfaat,

Maka (ini) Islamnya tidak indah.

โ‡’ Dan yang dimaksud dengan “urusan” disini adalah urusan yang bermanfaat yang ditentukan oleh syari’at.

Bukan sibuk dengan “urusan” yang dia kehendaki (menurut pikiran dia), karena setiap orang mempunyai urusan, tapi banyak dari urusan-urusan tersebut yang tidak bermanfaat.

Seseorang hendaknya berusaha menyibukkan dirinya dengan perkara yang bermanfaat bagi dirinya di dunia maupun di akhirat.

Jadi, maksud dari hadits adalah supaya kita sibuk dengan urusan kita sendiri, namun dengan syarat urusan yang bermanfaat menurut syari’at.

Ikhwan dan akhwat yang dirahmati oleh Allฤh Subhฤnahu wa Ta’ฤla,

Kita sekarang hidup di zaman (terutama di zaman media sosial saat ini) yang terdapat banyak sekali perkara yang tidak bermanfaat yang membuat kita tersibukkan.

Seseorang memiliki banyak teman di Facebook dan banyak grup di WhatsApp sehingga banyak berita yang masuk yang sebenarnya tidak perlu buat dia, terkadang memang perlu namun bukan primer.

Karena setiap orang yang mempunyai Facebook kebanyakan mempunyai hobi untuk nge-share, baik masalah kesehatan, keluarga, makanan, berita artis, macam-macam di share.

Akhirnya, masuk juga dalam “HP” kita dan kitapun ikut membaca.

Oleh karenanya, di zaman seperti ini, dengan kita memperbanyak teman akan memperbanyak berita yang masuk kepada kita, sehingga (akibatnya) memenuhi “hard disk” yang ada di kepala kita.

Karena sudah penuh maka untuk memasukkan Al Qurฤn sudah tidak ada tempatnya dan untuk memasukkan hadits juga kurang tempatnya.

Akhirnya banyak kesibukan kita habiskan dengan perkara-perkara yang tidak bermanfaat.

Maka jadilah Islam kita bukan Islam yang indah.

Belum lagi, tatkala kita melihat berita-berita tersebut kita juga hobi untuk komentar; komentar ini, komentar anu, komentar-komentar….

Sudah beritanya tidak bermanfaat, kita komentarin lagi, sehingga tidak bermanfaat plus tidak bermanfaat.

Bagaimana mau dikatakan Islam kita Islam yang indah?

Oleh karenanya, seseorang di zaman seperti ini hendaknya sibuk dan buatlah kegiatan yang bermanfaat, agar dia tidak terkena dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

Karena, kata para ulama dalam suatu perkataan yang indah:

ู…ูŽู†ู ุงุดู’ุชูŽุบูŽู„ูŽ ุจูู…ูŽุง ู„ุง ูŠูŽุนู’ู†ููŠู‡ู ููŽุงุชูŽู‡ู ู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู†ููŠู‡ู

“Barangsiapa yang sibuk dengan perkara yang tidak bermanfaat bagi dia maka banyak perkara yang bermanfaat yang luput dari dia.”

Yang seharusnya dia punya waktu untuk:
โ€ข Menghafal Al Qurฤn
โ€ข Belajar hadits
โ€ข Berbakti sama orang tua
โ€ข Telepon orang tua
โ€ข Memberi waktu untuk anak-anaknya
โ€ข Membahagiakan istri dan anaknya

Namun, gara-gara banyak teman, banyak berita yang masuk, banyak komentar, akhirnya waktu menjadi terbuang sia-sia.

Seorang Muslim harus sibuk dengan perkara yang bermanfaat, baik baginya dan keluarganya, di dunia maupun di akhirat.

Bayangkan, seseorang mempunyai Whatsapp sampai 50 grup, misalnya.

Alhamdulillฤh kalau ternyata grupnya grup BiAS atau grup yang lain yang bermanfaat.

Tetapi kalau grup ini, grup anu, grup itu dan membuka Whatsapp ada gambar orang tertawa, tulisan kabur, ada gambar ini, gambar anu, ada grup macam-macam, yang terkadang tidak bermanfaat.

Kalau punya grup hendaknya grup tertentu yang bermanfaat, misalnya grup untuk silaturrahmi, grup kakak adik, grup kerabat, tidak jadi masalah.

Silaturrahmi lewat Whatsapp, alhamdulillฤh.

Grup pengajian, tidak jadi masalah.

Kalau mempunyai teman di Facebook sampai 5.000 teman, buat apa teman banyak-banyak?

Kalau untuk dakwah, alhamdulillฤh. Tapi kalau tidak untuk dakwah, akhirnya banyak berita yang masuk.

Bukan mendakwahi mereka malah kita yang didakwahi oleh mereka, karena masing-masing teman tersebut men-share macam-macam dan kita ikut baca.

Oleh karenanya para ikhwan dan akhwat yang dirahmati Allฤh Subhฤnahu wa Ta’ฤla,

Diantara bentuk zuhud dan wara’ yaitu kita menyibukkan diri kita dengan perkara yang bermanfaat, sedangkan yang tidak bermanfaat kita tinggalkan.

Dan jangan sibuk dengan urusan orang lain, sibuk urusi diri Anda sendiri !

Anda tidak masuk dalam urusan orang lain kecuali kalau ingin memberi manfaat kepadanya atau ingin menolongnya, itu baru bagus !

Tapi kalau hanya masuk dalam urusan orang lain, ingin tahu, ingin ikut nimbrung, tanpa ada sumbangsih yang bisa kita berikan, maka tidak perlu.

Demikian.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ
ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

 

๐ŸŒBimbinganIslam.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Keluarga Oktafianus

๐Ÿฅ€๐Ÿ‚ *DOSA KUADRAT...* Sebagian ustadz berani berbohong di hadapan para jamaah demi untuk membela perbuatan bid'ah...
Begitu pula sebagian masyarakat medsos... Mari dengarkan sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam tentang bahaya bohong:

ุขูŠุฉ ุงู„ู…ู†ุงูู‚ ุซู„ุงุซ : ุงุฐุง ุญุฏุซ ูƒุฐุจ ูˆุงุฐุง ูˆุนุฏ ุฃุฎู„ู ูˆุงุฐุง ุคุชู…ู† ุฎุงู† โ€œPertanda orang yang munafiq ada tiga: apabila berbicara bohong, apabila berjanji mengingkari janjinya dan apabila dipercaya berbuat khianatโ€. (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)  ุฅู† ุงู„ุตุฏู‚ ูŠู‡ุฏู‰ ุฅู„ู‰ ุงู„ุจุฑ, ูˆุฅู† ุงู„ุจุฑ ูŠู‡ุฏู‰ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฌู†ุฉ, ูˆุฅู† ุงู„ุฑุฌู„ ู„ูŠุตุฏู‚ ุญุชู‰ ูŠูƒุชุจ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ุตุฏูŠู‚ุง, ูˆุฅู† ุงู„ูƒุฐุจ ูŠู‡ุฏู‰ ุฅู„ู‰ ุงู„ูุฌูˆุฑ ูˆุฅู† ุงู„ูุฌูˆุฑ ูŠู‡ุฏู‰ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุงุฑ ูˆุงู† ุงู„ุฑุฌู„ ู„ูŠูƒุฐุจ ุญุชู‰ ูŠูƒุชุจ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ูƒุฐุงุจุง (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ูˆ ู…ุณู„ู…) โ€œSesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan menghantarkan kepada surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kelaliman, dan kelaliman itu akan menghantarkan ke arah neraka. Seseorang yang terus menerus berbuat bohong akan ditulis oleh Allah sebagai pembohong.โ€ (Hadits riwayat Bukhari dan Muslim)  ุญุฏูŠุซ ุณู…ุฑุฉ ุงู„ู…ุฎุฑุฌ ููŠ ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠุŒ ูˆููŠู‡: ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชู ุงู„ู„ู‘ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŽูŠู’ู†ู ุฃุชูŠุงู†ูŠุŒ ู‚ูŽุงู„ุง: ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูŽู‡ู ูŠูุดูŽู‚ู‘ู ุดูุฏู’ู‚ูู‡ูุŒ ููŽูƒูŽุฐู‘ูŽุงุจูŒ ูŠูŽูƒู’ุฐูุจู ุจูุงู„ู’ูƒูŽุฐู’ุจูŽุฉูุŒ ุชูุญู’ู…ูŽู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุจู’ู„ูุบูŽ ุงู„ุขููŽุงู‚ูŽุŒ ููŽูŠูุตู’ู†ูŽุนู ุจูู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู. Hadits Samurah dalam shohig Bukhari: "Aku semalam melihat dua orang mendatangiku (dalam mimpi) keduanya berkata: orang yang engkau lihat merobek-robek kedua sisi mulutnya adalah orang yang berbohong dengan satu kebohongan lalu kebohongan itu menyebar ke berbagai penjuru, maka itulah azabnya sampai hari kiamat". โœ Ustadz DR. Ali Musri Semjan Putra -Hafizhahullah- ๐Ÿ“š *Shared by wagโ€ขbbg Al Ilmu | Menebar Cahaya Sunnah* ใ€ฐ๐Ÿ‚๐Ÿฅ€๐Ÿ‚ใ€ฐ ๐Ÿ“ท @ummu.ve โ€œBarangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumโ€™at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumโ€™at.โ€ (HR. An Nasaโ€™i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits iniย shohihย sebagaimana dalam Shohihul Jamiโ€™ no. 6470)

Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jumโ€™at atau hari Jumโ€™at, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jumโ€™at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam. Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat. 
Hadits pertama:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฃูŽุถูŽุงุกูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ููˆุฑู ูููŠู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุนูŽุชููŠู‚ู โ€œBarangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumโ€™at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kaโ€™bah.โ€ (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits iniย shohihย sebagaimana dalam Shohihul Jamiโ€™ no. 6471) 
Hadits kedua:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ุณููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ูƒูŽู‡ู’ูู ููู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฃูŽุถูŽุงุกูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ููˆุฑู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู โ€œBarangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumโ€™at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumโ€™at.โ€ (HR. An Nasaโ€™i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits iniย shohihย sebagaimana dalam Shohihul Jamiโ€™ no. 6470)

Sumber :ย https://rumaysho.com/202-jangan-lupakan-membaca-surat-al-kahfi-di-hari-jumat.html ใ€Š ALL-IN-ONE APP: 1 APLIKASI BELASAN MANFAAT GA BAKAL RUGI ใ€‹

Alhamdulillah! Selesai juga update aplikasi "Mesin Pencari Sunnah" (yang dulu pertama dirilis Februari 2017)
Download Update di Playstore: https://goo.gl/vaPXM4

Major Update kali ini memuat banyak fitur dalam satu aplikasi dengan mengusung konsep All-in-One.

Ada apa aja di versi terbaru dari aplikasi "Mesin Pencari Sunnah" ini?

1. Search Engine
Tentunya tetap ada fitur mesin pencari yang menjadi inti dari apps ini. Dengan tampilan dan performa yang lebih disempurnakan.

2. Info Kajian Sunnah
Update informasi kajian se-Indonesia yang diupdate setiap hari dari fp Kajian Yuk (fb.me/kajianyuk). 3. Kalender Hijriyah
Fitur kalender hijriyah yang telah diperbaharui tampilannya menjadi bentuk kalender bersanding dg tanggalan masehi untuk lebih memudahkan.

4. Ruang Chat
Fitur chatroom yang terhubung realtime antar pengguna apps.

5. Radio Sunnah
Streaming lebih dari 18 saluran radio sunnah se-Indonesia. Mulai dari Rodja Bogor hingga Ray fm Padang.

7. TV Sunnah
Streaming lebih dari 7 channel tv sunnah mulai dari Rodja TV hingga Niaga TV.

8. Audio Kajian
Akses ratusan audio rekaman kajian secara Streaming maupun download offline.

9. Video Kajian
Menghimpun lebih dari 10 channel Youtube yang dapat diakses secara Streaming mulai dari Yufid TV, Ruziqa TV, hingga Aladzivie Channel.

10. Murottal Quran
Streaming murottal 30 juz Al Quran dari 10+ qari yang dapat diunduh secara offline.

11. Baca Artikel
Kumpulan artikel dari lebih dari 10 website bermanhaj salaf, mulai dari Muslim.or.id, Rumaysho.com hingga Almanhaj.or.id.

12. Hadits (English Version)
Akses beragam kitab hadits mulai dari Shahih bukhari, Shahih muslim, dsb.

13. Agenda Harian
Fitur catatan agenda harian dalam mode to do list yang bisa dicentang.

14. Tanya Jawab
Rubrik tanya jawab agama yang dihimpun dari website Konsultasi Syariah.

15. Kirim Pertanyaan
Formulir untuk mengajukan pertanyaan di rubrik tanya jawab.

16. Dzikir Pagi & Petang
Dzikir pagi & petang yang dilengkapi dengan teks latin beserta artinya.

Ada yang ingin menambahkan?

Download Update di Playstore: https://goo.gl/vaPXM4

@KajianYuk #KajianYuk #MesinPencariSunnah #KY_MPS

Jazakumullah Khoir

  • 71,958 hits
%d bloggers like this: