Kenapa Umat Islam Tidak Merayakan Valentine’s Day ?

Leave a comment

14/02/2018 by keluarga Oktafianus

☝🏼Telah diketahui dan disepakati oleh umat Islam bahawa hari raya di dalam Islam hanya ada dua, iaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Adapun selain keduanya, maka itu merupakan perayaan yang tidak dituntunkan bagi kaum muslimin untuk merayakannya.

❗Disamping perbuatan itu bukan dari Islam, ianya juga sebagai bentuk penyerupaan (tasyabbuh) kepada orang kafir. Sedangkan Islam melarang yang demikian itu.

📕 Di dalam sebuah hadits, baginda Nabi ﷺ bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari kalangan mereka.” (HR Abu Daud, no. 4033)

❌ Dan jangan bagi kita untuk turut serta dalam menjayakan perayaan tersebut, seperti menyediakan bunga, makanan, minuman, hadiah, dan lain-lainnya. Kerana hal ini dilarang oleh Allah.

📖 Allah ﷻ berfirman, “Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran, dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaNya.” (Al-Maidah: 2)

🗞 (Faedah ilmiah dari Buletin Al-Ilmu Edisi No.16/IV/XV/1438H)

📠 Dikutip dari channel @thoriqussalaf

🚀 Dipublikasikan oleh:
👉🏿 http://bit.ly/websiteTIC
👉🏿 http://bit.ly/telegramTIC

📚 WA Tholibul Ilmi Cikarang

RAHASIA DI BALIK HARI VALENTINE

✍🏻 Asy-Syaikh Musthafa Mabram hafizhahullah berkata:

‏لما كانت الشهوة همهم، والخنا مقصدهم، وحطام الدنيا مرادهم، والاختلاط وسيلتهم، أحدثوا للناس من الفجور ما يحقق كل ذلك، ومنه عيد الحب وسائر أعيادهم.

“Tatkala syahwat menjadi kesenangan mereka, ucapan cabul menjadi kesukaan mereka, rongsokan dunia menjadi tujuan mereka, dan campur baur antara pria dan wanita sebagai sarana mereka, maka mereka mengada-ngadakan untuk manusia berbagai kebejatan yang akan merealisasikan itu semua, dan diantaranya adalah Hari Valentine, serta semua hari raya mereka yang lain.”

VALENTINE, GOMBALAN BERUJUNG PETAKA

‘Pink, love, the rose and chocolate’ adalah penampakkan yang kerap terjadi di pertengahan Febuari. Di tanggal 14 sebagian orang merayakannya dengan sebutan valentine’s day.

Entah bagaimana awalnya, dari beberapa klaim sejarah yang ada, -katanya- perayaan valentine’s day adalah suatu perayaan yang ditujukan untuk mengenang jasa seorang pendeta nasrani yang hidup di era romawi kuno. Di lain cerita, bumbu kekufuran dan kesyirikan kaum paganis kuno pun kuat menyengat, semakin memperburuk keadaan hakikat perayaan ini.

Tetapi sungguh sayang disayang, kaum muslimin yang seharusnya menjauhi perayaan kasih sayang ini ternyata semakin hari semakin menjadi, terkhusus pada sebagian kaum mudanya.

Sudah jamak, mereka yang merayakan valentine’s day biasanya membawa pasangannya (baca: pacar) masing-masing. Mulai dari alun-alun kota, taman-taman pinggir jalan sampai ke cafe-cafe elit, menjadi titik tujuan mereka dalam merayakannya. Khalwat (campur baur antara lelaki dan wanita) dan alunan musik melankolis betemakan cinta berpadu, menjadikan perayaan ini sebagai perayaan full syahwat dan pelanggaran syariat.

Padahal Allah berfirman,

《وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا》
Artinya:
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk.” (Al Isra: 32).

Pada ayat di atas, Allah memberikan peringatan kepada hamba-hambaNya untuk menjauhi zina, dan merayakan valentine’s day sudah pasti merupakan suatu yang terlarang karena disamping perayaan ini adalah perayaannya milik kaum nasrani, juga perayaan ini sejatinya akan menghantarkan pelakunya kepada ranah zina.

Maka berhati-hatilah, Allah Ta’ala berfirman,

《فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَنْ تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ》

Artinya:
“Hendaknya orang-orang yang menentang perintah rasulullah itu takut, akan datangnya musibah atau adzab besar yang menimpa mereka” (An Nuur: 63).

Jadi, jangan tertipu! Perayaan valentine’s day tidaklah seromantis yang dianggap, ternyata dibalik gombalan indah valentine, ada adzab dan musibah yang mengancam. Semoga Allah melindungi kita dan kaum muslimin dari musibah dan adzab. Amin.

➖➖➖
💐@SedikitFaidahSaja (SFS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Jazakumullah Khoir

  • 93,578 hits
%d bloggers like this: