Tanpa Cinta semuanya Jadi Hampa

Leave a comment

16/02/2018 by keluarga Oktafianus

Ust.Dr.Syafieq Riza Basalamah,MA
Al-Ikhlas ,Dukuh Bima

Banyak di antara kita yang sampai hari ini belum merasakan Muslim yang sebenarnya, siapa yang kenal dengan allah pasti akan mencintai allah, sejatinya Cinta itu tumbuh sendiri, allah memerintahkan kita untuk berburu Cinta kepadanya
Kenapa kita harus mencintai ALLAH:

1. Hakikat Tauhid adalah Mahabah (Cinta) pada allah,dan hakikat IBADAH itu adalah Cinta, ketika cinta dia melebihi apa yang ada dibumi dan allah segalanya maka itu adalah kesempurnaan Tauhid, tatkala antum menjadikan allah sebagai tempat menaruh Cinta maka Tenang hidup Antum.

2. Hajat (keperluan ) manusia kepada Mahabatullah (cinta pada allah)melebihi makan dan minum, antum bisa lihat bagaimana seorang ibu kuat gendong anaknya naik bus naik metromini
kenapa dia kuat?, karena kecCintaan kepada anaknya, Ruh kita juga membutuhkan Cinta, ibnu Qoyyim menjelaskan bahwa hati tidak akan merasakan kenikmatan dan kelezatan jika tidak ada cinta didalamnya, kenapa antum kuat menahan makan dan minum ketika puasa?, karena antum Cinta kepada allah,karena sejatinya allah menguji kecintaan manusia kepada dirinya, rusak nya Hati disebabkan kehilangan cinta kepada allah itu lebih parah daripada kehilangan fisik dan Dunia.

3. Kalau kita Cinta kepada allah, musibah apapun yg menimpa kita, kita akan terima, karena ingat dengan Firman allah
كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
216. Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

4. Cinta kepada allah itu akan memotivasi kita untuk meninggalkan kemaksiatan, meninggalkan dosa itu sebuah keberatan namun akan mudah jika kita mencintai dan mengagungkan ALLAH, jika ingin mengetes kecintaan kita kepada allah, antum lihat dimana antum diletakan,ketika antum sedang berada ditempat yg baik Maka allah sedang Cinta sama antum, dan sebaliknya ketika antum sedang berada di tempat yg buruk maka allah sedang tidak Cinta sama antum.

5. Memotong segala Was-was dalam Hati, karena antara cinta dan was-was yang kadang kala menghantui kita itu disebabkan karena kurang nya Dzikir kepada allah .

6. Kesempurnan Nikmat itu adalah Cinta kepada allah, mencintai allah adalah Hati kita.

Bagaimana kita dapat meraih cintanya allah ??:
Ada 10 sebab yg disebutkan oleh Imam ibnu qoyyim Rahimahullah :

1. Qiro’atul Qur’an wa tadabur (membaca Al-Qur’an Dengan Tadabur, wallahi jama’ah Al-qur’an ini adalah Surat Cinta dari allah kepada Kita, terakhir Allah panggil kita pada surat At-Tahrim,allah Berfirman :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ تُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ يَوْمَ لَا يُخْزِى ٱللَّهُ ٱلنَّبِىَّ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَٰنِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَٱغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
8. Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

2. Mendekatkan diri kepada ALLAH dengan Sunnah-Sunnah setelah yang wajib, maka itu akan mengangkat derajat kita disisi allah, sunnah itu bukan untuk ditinggalkan dan yang makruh itu bukan untuk dikerjakan, yang sunnah itu untuk diamalkan, ketika antum melaksanakan yang sunnah maka antum akan mencapai cinta yang lebih tinggi kepada allah, antum akan mudah meninggalkan kemaksiatan ketika antum melaksanakan yang sunnah, laksanakan yang sunnah semampu kita, namun jangan sampai Kita melalaikan yang wajib, contohnya antum sholat tahajud tapi bangun subuhnya kesiangan,ada Fiqih prioritas yaitu mendahulukan yang lebih wajib, ada yang tidak pernah nabi saw tinggalkan dalam hidup nya yaitu shalat witir dan shalat 2 rakaat sebelum Shubuh

3. Senantiasa berdzikir dalam semua kondisi (على كل حال) dzikir dengan lisan hati amal dan kondisi,pertama dzikir dengan Lisan, tapi tidak hanya lisannya saja yg bergerak namun hatinya juga,dan allah memerintahkan dzikir sebanyak-banyaknya ,
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
41. Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

Allah berfirman :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ
9. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

Orang yang dirinya bergerak Namun lisannya Tidak berdzkir kepada allah maka Sesunguhnya hatinya Mati.

4. Mengutamakan apa yang dicintai allah dengan apa yang dicintai oleh kita,
Antum di hadapkan Dengan dua orang wanita, pertama seorang akhwat yang hafizh qur’an ,rajin sholat tapi kulitnya hitam dengan akhwat yang cantik tapi gk sholat, antum mau Pilih mana?, pilihlah yg lebih allah cintai daripada yang kita sukai.

5. Mengajak hati untuk selalu mengkaji Asma Allah dan Sifatnya, karena orang tatkala Mengkaji asma allah dan sifatnya maka akan bertambah kecintaannya kepada allah, allah swt berfirman :
وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

180. Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.
Dengan mengenal allah beserta sifat-sifatnya maka kita akan Sampai derajat IHSAN :
أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ
يَرَاكَ.

,”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia melihatmu.”

6. Senantiasa Melihat kebaikan Allah swt,baik lahir maupun batin.
Tatkala ada yang datang kerumah antum lalu memberikan kunci mobil dan stnk nya lalu berkata “itu mobil untuk antum”,lalu dia pergi maka pasti antum akan cinta kepada orang tersebut dan ketika melihat mobil itu antum akan ingat dengan orang itu, namun lihatlah ciptaan allah berupa tangan dan kaki, apakah antum akan ingat dengan allah?, mungkin Jarang sekali kita yg ingat dan bersyukur kepada allah.

7. Seakan-akan kita memecahkan hati kita tunduk dan pasrah kepada allah swt,minta maaf dan Ampun kepada allah.

8. Menyendiri dengan allah, disepertiga malam,antum Hamparkan sajadahmu disepertiga malammu,dan berdua dengan allah swt.

9. Duduk bersama orang-orang yg mencintai allah bersama orang-orang Sholeh, maka ketika kita kumpul dengan mereka minimal kita berbicara yg bermanfaat.

10. Meninggalkan segala sebab yg menghalangi hati kepada allah ta’ala.

Baarokallahu fiikum….
Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Jazakumullah Khoir

  • 93,578 hits
%d bloggers like this: