Mempersiapkan Kehamilan (lagi) Setelah Keguguran

Leave a comment

30/11/2018 by keluarga Oktafianus

Jika Allah Azza Wa Jalla yang sudah berkehendak, ikhlaskan, bersabar atas segala ujian, Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya.

Menantinya cukup lama setelah anak ketiga kami lahir di 2013, sampai akhirnya Allah memberikan kami kesempatan lagi dengan hasil USG Janin berusia 6 minggu di tanggal 22 Oktober 2018, Memiliki anak banyak adalah harapan kami berdua, Qadarullah wa Maasyaaafa’ala di tanggal 21 November 2018 Janin tidak berkembang, intrauterine fetal demise (IUFD) istilah kedokterannya atau Keadaan tidak adanya tanda-tanda kehidupan janin dalam kandungan baik pada kehamilan.

إحرص على ما ينفعك, واستعن بالله ولا تعجز, فإن أصا بك شيء فلا تقل: لو أني فعلت كذا وكذا لكن كذا وكذا, ولكن قل: قدر الله وما شاء فعل, فإن (لو) تفتح عمل الشيطان

“Berusahalah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan Allah dan janganlah sampai kamu lemah (semangat). Jika sesuatu menimpamu, janganlah engkau berkata ‘seandainya aku melakukan ini dan itu, niscaya akan begini dan begitu.’ Akan tetapi katakanlah ‘Qodarullah wa maa-syaa-a fa’ala (Allah telah mentakdirkan segalanya dan apa yang dikehendaki-Nya pasti dilakukan-Nya).’ Karena sesungguhnya (kata) ‘seandainya’ itu akan mengawali perbuatan syaithan.”
(Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya (no. 2664))

Kami berdua hanya bisa menatap layar dimana Janin yang semula berdetak jantungnya, kali ini terdiam tanpa reaksi, hancur sesaat dan dengan sigap Suami menggenggam jemari dan mengingatkan saya untuk istigfar dan berucap “Alhamdulillah Alla Kulli Hal” Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan.

Semua proses cepat berlalu, Alhamdulillah, Allah pertemukan kami dengan Dr Patrick Bayu SpOG, Dr Kandungan di RSU Siloam, Lippo Karawaci, beliau bukan Dokter yang biasa menangani saya, hari tersebut dari Kantor langsung saya bergegas mencari Rumah Sakit yang bisa USG dan stand by Dokter Kandungannya, karena saya pendarahan cukup intense, hampir semua Klinik Bersalin diarea yang saya lewati dari arah Kantor Dokter Kandungannya berjadwal, Suami saya yang sedang ngajar jadi panik dan ikutan nyusul temani hunting Dokter Kandungan, sampai akhirnya berpikir kesana. Saya langsung ditindak rujuk ke IGD, dan dibantu proses BPJS tanpa ribet, Kami berdua masih melongo tertegun, “ini Dokter baik amat sih, kenal kaga, tapi kok pelayanan nya super banget, malah dibantu urus BPJS pula.”

Proses Kuretase, Pelayanan RSU Siloam yang super- recommended dan Post Kuretase benar-benar Allah mudahkan, membuat saya dan suami makin mantap untuk mengubur sedih dan membuka lembaran baru lebih baik, InsyaaAllah.

Kehamilan ke empat, saya terlalu menganggap enteng kondisi dalam fisik dan keadaan saya yg sudah tidak muda lagi, ini pelajaran bagi kami untuk Program Kehamilan berikutnya, kami berdua akan mempersiapkannya dengan lebih baik dan berserah hanya kepada Allah, semoga Allah mudahkan semua prosesnya, Bi’idznillah.

لا يؤمن عبد حتى يؤمن بالقدر خبره وشره حتى بعلم أن ما أصابه لم يكن ليخطئه وأن ما أخطأه لم يكن ليصيبه

“Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.”
(Shahih, riwayat Tirmidzi dalam Sunan-nya (IV/451) dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dan diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. 6985) dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Syaikh Ahmad Syakir berkata: ‘Sanad hadits ini shahih.’ Lihat juga Silsilah al-Ahaadits ash-Shahihah (no. 2439), karya Syaikh Albani rahimahullah)

Mempersiapkan Kehamilan Setelah Keguguran

 

Ditulis oleh: Taufiq

Setelah mengalami keguguran, wajar jika Ibu merasa terpukul dan takut untuk memulai kehamilan. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut harus membuat Ibu menutup semua kemungkinan untuk memiliki keturunan. Masih ada kesempatan untuk hamil lagi dan mencoba proses kehamilan dari awal. Mulai dari mempersiapkan fisik dan mental, minum susu persiapan kehamilan, hingga berkonsultasi dengan dokter kandungan, ini dia cara mempersiapkan kehamilan setelah mengalami keguguran:

  1. Ambil jeda setelah keguguran. Ada baiknya Ibu mengambil jeda terlebih dahulu sebelum memulai kembali kehamilan. Sebab rahim juga membutuhkan masa penyembuhan setelah tindakan kuretase. Banyak dokter yang menyarankan untuk menunggu tiga kali siklus menstruasi sebelum mempersiapkan kembali kehamilan. Pendapat ini juga didukung oleh The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) yang berkata bahwa waktu yang tepat untuk hamil setelah keguguran adalah setelah haid karena haid menjadi pertanda bahwa kondisi rahim seorang perempuan mulai membaik.
  2. Persiapkan mental dan emosi. Keguguran yang menimpa Ibu pastinya berdampak pada kondisi psikis dan juga fisik Ibu. Oleh sebab itu, jeda yang diambil setelah keguguran ini juga bermaksud untuk memulihkan tubuh dan pikiran Ibu agar siap untuk menghadapi kehamilan yang berikutnya.
  3. Konsultasi dengan dokter kandungan. Ketika hendak memulai kembali kehamilan pasca keguguran, bicarakan dulu dengan dokter kandungan yang sudah mengetahui riwayat kandungan Ibu. Dokter ini sudah tahu rekam medis Ibu sehingga bisa memberi saran atau terapi yang Ibu butuhkan saat fase kehamilan.
  4. Jangan sampai stres. Jagalah kondisi emosional Ibu agar tidak cepat stres. Stres bisa mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur ovarium untuk melepas sel telur sehingga masa ovulasi Ibu bisa terlambat dan malah tidak terjadi sama sekali. Jadi, buang stres jauh-jauh dari pikiran Ibu dan cobalah untuk menjalani hari dengan rileks dan tenang.
  5. Atur waktu berhubungan seksual. Ada waktu-waktu tertentu ketika Ibu sedang subur-suburnya, yakni dua hari sebelum ovulasi dan dua hari sesudah ovulasi. Manfaatkan waktu ini untuk berhubungan seksual dengan pasangan agar kemungkinan untuk mendapat keturunan semakin besar.
  6. Penuhi semua kebutuhan nutrisi. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting untuk persiapan kehamilan. Makanlah makanan yang kaya karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan juga mineral. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan asam folat. Mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram perhari bisa membantu mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin.

Selain menjalani tips di atas, penting hukumnya bagi Ibu untuk menjalani gaya hidup sehat dan meminum susu persiapan kehamilan sebagai salah satu cara untuk memperlancar prosesnya. Selamat mencoba dan semoga membantu ya, Bu!

Delapan Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ditinjau oleh: dr. Allert Noya

Mengalami keguguran adalah pukulan bagi tiap wanita. Meski begitu, jangan biarkan kesedihan terus menyelimuti kehidupan Anda. Kesempatan untuk memiliki anak lagi masih tetap terbuka. Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mendapat momongan, jangan cemas. Ada 8 cara cepat hamil setelah keguguran yang bisa dijadikan pedoman.

Kesempatan untuk hamil dan melahirkan dengan lancar lebih besar jika Anda menjalani gaya hidup sehat, baik sebelum maupun selama program kehamilan dilakukan.

Cara Cepat Hamil yang Dapat Dilakukan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai usaha untuk mempercepat kehamilan kembali setelah keguguran. Setidaknya, ada delapan cara yang dapat dicoba, yaitu:

  • Hindari stres

Stres bisa merusak cara kerja dan keseimbangan hormon yang mengontrol ovarium untuk melepas sel telur (ovulasi). Hasilnya, ovulasi Anda menjadi terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Padahal, salah satu cara cepat hamil adalah berhubungan seksual di masa ovulasi atau masa subur.

Cobalah buang jauh-jauh stres dari kehidupan Anda. Lakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

  • Tidak perlu terburu-buru

Setelah mengalami keguguran, biasanya wanita akan mengalami gejolak emosi. Tenangkan diri terlebih dahulu, berikan waktu pada diri sendiri sampai Anda merasa siap kembali untuk hamil. Tidak perlu terburu-buru. Selain itu, tidak perlu memaksakan suatu cara yang mungkin berhasil dilakukan oleh orang lain. Sebab, sebuah cara untuk cepat hamil tidak selalu sama pada wanita yang satu dengan yang lain.

  • Rutin olahraga

Kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Namun, tak perlu melakukan olahraga yang berlebihan, karena olahraga yang berlebihan justru bisa menimbulkan dampak sebaliknya, yaitu membuat tubuh tidak berovulasi.

Untuk membantu mempercepat kehamilan, Anda disarankan melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Contohnya, berjalan cepat selama setengah jam. Lakukan kebiasaan ini lima kali dalam seminggu.

  • Konsumsi makanan penyubur kandungan

Mulailah mengonsumsi makanan yang dapat membuat Anda lebih cepat hamil. Misalnya, sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli dan bayam. Sayuran in mengandung asam folat yang tinggi dan vitamin B yang membantu memperbaiki ovulasi. Tidak hanya untuk wanita, sayuran dengan kadar folat tinggi juga membuat sperma menjadi lebih sehat. Selain mengurangi masalah genetik pada bayi, makanan ini juga membantu mengurangi risiko keguguran. Makanan lain yang juga memberikan efek yang baik terhadap rahim selama program hamil setelah keguguran adalah kacang-kacangan, biji labu, serta produk susu, termasuk es krim.

  • Batasi minuman mengandung kafein

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kafein bisa menghambat kemampuan seseorang untuk hamil. Meski belum terbukti kebenarannya, tidak ada salahnya membatasi atau menghindari hal-hal yang mungkin dapat mempersulit Anda memiliki keturunan. Contoh minuman mengandung kafein yaitu kopi, teh, minuman soda dan minuman energi.

  • Hindari rokok, alkohol, dan narkoba

Seperti kita ketahui, rokok, alkohol dalam kadar berlebihan, dan narkoba, tidak baik untuk kesehatan. Jadi sebaiknya tinggalkan kebiasaan yang tidak menyehatkan ini jika Anda ingin cepat hamil.

  • Berhubungan seksual di waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual yaitu saat ovarium melepas sel telur (ovulasi). Anda juga bisa berhubungan seksual beberapa hari sebelum ovulasi, karena sperma dapat bertahan hidup di tubuh wanita maksimal selama lima hari. Periode menjelang dan ketika ovulasi ini disebut sebagai masa subur.

  • Cek ke dokter

Memeriksakan diri ke dokter kandungan sangat penting jika Anda ingin kembali hamil usai keguguran. Dokter bisa memeriksa kondisi Anda dan melakukan perawatan jika Anda memiliki kondisi tertentu yang menyulitkan Anda untuk hamil. Dokter juga mungkin akan melakukan berbagai pemeriksaan tambahan, seperti tes darah dan kromosom, untuk mencari tahu penyebab keguguran agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Selama menerapkan cara cepat hamil setelah keguguran di atas, teruslah konsisten menjauhkan pikiran Anda dari hal-hal negatif. Tanamkan selalu pikiran positif. Yakin dan percayalah bahwa Anda masih memiliki kesempatan untuk menjalani kehamilan yang sehat dan menjadi seorang ibu.

Tips Menjaga Kehamilan Setelah Sempat Keguguran

Oleh Arinda Veratamala

Keguguran merupakan mimpi buruk bagi tiap pasangan. Oleh karena itu, saat Anda hamil lagi setelah keguguran, pastinya tiap pasangan sangat menjaga calon buah hatinya yang masih dalam kandungan. Namun, rasa takut akan keguguran lagi pasti masih sedikit menghantui Anda. Hal ini tentu tidak baik. Sebaiknya fokuslah ke kehamilan Anda yang sekarang dan lupakan masa lalu Anda.

Apakah mungkin mengalami keguguran lagi?

Keguguran biasanya terjadi satu kali. Setelah keguguran, Anda bisa mempunyai kehamilan yang sehat. Jadi, jangan terlalu khawatir bahwa Anda akan mengalami keguguran lagi. Sangat kecil jumlah wanita yang memiliki pengalaman mengalami dua kali atau lebih keguguran, yaitu hanya 1%.

Memang, setiap kali Anda mengalami keguguran, risiko Anda akan mengalami keguguran lagi akan bertambah. Setelah Anda mengalami satu kali keguguran, risiko Anda mengalami keguguran pada kehamilan selanjutnya sebesar 14%. Jika Anda pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali, risiko Anda mengalami keguguran pada kehamilan selanjutnya menjadi 26%. Sedangkan, jika Anda mengalami keguguran sebanyak tiga kali, risiko keguguran Anda menjadi 28%.

Namun, risiko ini masih kecil. Anda masih bisa mempunyai kehamilan yang sehat sampai bayi Anda lahir, walaupun Anda pernah gagal dalam kehamilan sebelumnya. Dengan menjaga kondisi kehamilan Anda yang sekarang, Anda dapat memperkecil risiko mengalami keguguran lagi. Anda tentu harus tahu hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan jika Anda hamil lagi setelah keguguran.

Apa yang harus dilakukan jika hamil lagi setelah keguguran?

Setelah mengalami keguguran, beberapa wanita mungkin memiliki perasaan yang sedikit sensitif mengenai kehamilan. Anda mungkin merasa sedikit khawatir akan mengalami keguguran lagi pada kehamilan selanjutnya. Ini wajar, namun tidak baik jika Anda terlalu khawatir pada kehamilan Anda sekarang. Agar Anda memiliki kehamilan yang sehat dan untuk mengurangi risiko Anda mengalami keguguran lagi, Anda mungkin perlu melakukan hal-hal berikut ini.

1. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Pemeriksaan kehamilan bertujuan agar Anda mengetahui kondisi kehamilan Anda. Sehingga, jika ada hal-hal yang buruk pada kehamilan Anda, dokter mungkin bisa membantu mencegahnya atau mengurangi risikonya. Mengetahui kondisi kehamilan Anda juga dapat membuat Anda lebih tenang dan tidak terlalu khawatir akan keguguran lagi.

Saat melakukan pemeriksaan kehamilan, dokter akan memeriksa detak jantung janin Anda. Jika detak jantung bayi Anda sudah terdengar, kemungkinan Anda mengalami keguguran pun akan berkurang. Perasaan Anda mungkin lega setelah mendengar hal ini.

2. Jaga asupan nutrisi Anda

Nutrisi memainkan peranan penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Anda dalam kandungan. Nutrisi yang baik tentu dapat membuat kehamilan Anda menjadi lebih sehat, sehingga risiko keguguran lagi akan lebih kecil.

Mulai sekarang, cobalah terapkan diet sehat dan seimbang. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda dan mendukung kesehatan Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda, nutrisi apa saja yang penting Anda dapatkan saat kehamilan. Dokter mungkin juga akan memberikan Anda vitamin prenatal untuk menunjang kebutuhan nutrisi Anda.

3. Kurangi pikiran dan perasaan yang membuat Anda stres

Setelah Anda keguguran, mungkin Anda mempunyai perasaan yang sedikit sensitif. Rasa khawatir akan mengalami keguguran lagi dapat membuat Anda menjadi mudah marah atau kesal jika ada seseorang yang menasihati Anda. Perasaan ini tentu tidak baik untuk calon buah hati Anda di kehamilan Anda yang sekarang.

Cobalah untuk mengingat bahwa setiap kehamilan pasti mempunyai pengalaman yang berbeda. Jika Anda pernah mengalami keguguran, bukan berarti Anda akan mengalami keguguran lagi pada kehamilan selanjutnya. Pikirkanlah hanya tentang kehamilan Anda yang sekarang. Hal ini dapat mengurangi tingkat stres Anda mengenai keguguran sehingga Anda merasa lebih baik.

4. Lakukan kegiatan yang menyenangkan

Adanya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari dapat membuat Anda senang dan melupakan kesedihan Anda karena keguguran yang lalu. Aktivitas yang menyenangkan, seperti berolahraga, juga dapat membuat kehamilan Anda lebih sehat. Namun, sebaiknya lakukan olahraga ringan atau sedang, seperti jalan santai, berenang, dan yoga.

5. Bicarakan kekhawatiran Anda

Jika Anda terlalu khawatir, Anda mungkin perlu untuk membicarakan apa yang Anda rasakan pada pasangan. Pasangan Anda mungkin dapat membantu menenangkan Anda. Sebagian orang mungkin khawatir bahwa berbagi perasaan dengan pasangan dapat menyebabkan tekanan lebih. Namun, cobalah untuk saling mendukung dan memahami satu sama lain.

Yuk Ketahui Persiapan Kehamilan Pasca Kuret!

kehamilan pasca kuret – Bagi pasangan suami istri yang sudah menikah memiliki anak adalah hal yang paling dinanti – nanti. Kehamilan adalah tahapan yang harus dilalui oleh seorang ibu untuk mendapatkan seorang anak biasanya berlangsung antara 38 – 40 minggu. Namun ada beberapa kehamilan yang sangat dinanti – nantikan oleh pasangan suami istri ternyata tidak sesuai dengan harapan calon ibu yang mengandung mengalami keguguran dan tidak bisa mempertahankan kehamilannya.

Dengan hal ini akan membuat sang calon ibu menjadi sangat terpukul. Dan biasanya tindakan yang dilakukan dokter kandungan adalah dengan melakukan kuretase atau bisa disebut dengan kuret pada calon ibu yang mengalami keguguran. Setelah dilakukan tindakan kuret biasanya banyak ibu – ibu yang bertanya kapan dia dapat hamil kembali. Dan Berikut adalah persiapan kehamilan pasca kuret yang wajib untuk diketahui :

Beberapa hal yang harus dilakukan dalam persiapan kehamilan pasca kuret

  • Mempersiapkan fisik dan mental untuk kehamilan selanjutnya

Sebenarnya persiapan mental dan fisik tidak untuk calon ibu saja namun calon ayah juga harus mempersiapkan mental dan fisiknya. Persiapan fisik dan mental harus dilakukan agar pada saat dokter mengijinkan untuk hamil lagi kedua pasangan itu sudah memiliki kondisi yang siap dan juga prima. Kondisi tubuh yang sudah fit, siap dan juag pikiran yang tenang akan memberikan efek yang positif bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

  • Konsumsi makanan yang bisa menunjang kesuburan bagi kedua pasangan

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, vitamin B, asam folat, mineral zinc dan juga gizi yang lainnya. Mengkonsumsi makanan seperti ini juga berlaku untuk suami. Pada saat ini, bagi calon ibu sudah banyak susu yang tersedia dipasaran yang dikhususkan untuk mempersiapkan kehamilan. Bagi calon ibu yang tidak menyukai susu dapat menggantinya dengan makanan yang mengandung banyak gizi selain itu, susu juga bukanlah sesuatu hal yang wajib untuk dikonsumsi.

  • Konsultasi kedokter secara rutin

Dengan berkonsultasi ke dokter secara rutin dapat membantu pasangan suami istri untuk mengetahui berbagai hal tentang kehamilan. Berkonsultasi ke dokter hendaknya dilakukan oleh kedua pasangan suami istri.

Itulah beberapa cara untuk mempersiapkan kehamilan setelah melakukan kuret. Dan berikut adalah alasan mengapa perlu dilakukan persiapan kehamilan pasca kuret :

  • Alasan melakukan persiapan kehamilan setelah melakukan kuret

Keguguran pada ibu hamil terjadi karena disebabkan oleh banyak hal. Keguguran sebenarnya merupakan kejadian yang alamiah yang dapat terjadi pada semua wanita yang sedang hamil. Seorang suami hendaknya tidak menyalahkan sang istri karena dengan mengalami keguguran akan menimbulkan tekanan batin sendiri pada istri. Dan alangkah lebih baik jika suami membantu menguatkan mental istri, sehingga istri memiliki semangat dan tidak akan sedih dalam waktu yang terlalu lama. Melakukan persiapan kehamilan setelah melakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi namun yang paling penting adalah persiapan mental ibu untuk kehamilan yang selanjutnya.

Nah itulah beberapa ulasan tentang persiapan kehamilan pasca kuret beserta alasannya. Bagaimanapun juga pertumbuhan dan juga perkembangan janin dalam kandungan tidak hanya tergantung pada asupan makanan yang dikonsumsi oleh calon ibu, tapi faktor psikis dan mental yang sehat juga menjadi peranan penting untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Jalan HIJRAH Menuju Kaffah

Jazakumullah Khoir

  • 93,578 hits
%d bloggers like this: